Pentingnya Managemen dalam Usaha di Bidang Pangan
Setelah sekian lama tidak post, kali ini saya akan membahas seberapa pentingnya managemen dalam menjalankan usaha, khususnya di bidang pangan. Banyak usaha di bidang makanan mengalami kegagalan karena tidak dapat menjawab keinginan konsumen ataupun karena perencanaan yang kurang matang. Oleh karena itu, untuk post kali ini dan ke depannya akan diulas sedikit demi sedikit kepentingan managemen.
Managemen berperan penting dalam kelanjutan usaha kita, apa pun jenisnya. Managemen mencakup perencanaan usaha, seperti apa yang akan dilakukan dan dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat berjalan lancar, jenis peralatan yang paling efektif untuk digunakan, desain kemasan yang mampu menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya.
Sebuah rencana tidak akan menjadi apa pun apabila tidak dilaksanakan. Semua kegiatan yang telah dilakukan dalam mempersiapkan suatu usaha, event-event apa saja yang dapat menarik konsumen, desain, dan lain sebagainya harus diterapkan untuk mengetahui apakah rencana sudah dilaksanakan dengan baik dan apakah sesuai dengan keinginan konsumen. Apabila konsumen tidak terlalu menunjukkan antusiasme terhadap salah satu rencana atau lebih maka harus melakukan evaluasi ulang dan perubahan.
Selain pelaksanaan rencana, kita harus selalu memperhatikan penjualan usaha kita. Apakah penjualan konstan, semakin meningkat, atau menurun dapat mempengaruhi pendapatan kita atau keuntungan yang kita dapatkan. Hampir semua usaha menginginkan keuntungan, karena keuntungan akan digunakan untuk dapat tetap menjalankan usaha kita. Usaha yang tidak menghasilkan keuntungan tidak akan mampu membiayai seluruh kebutuhan usaha.
Dalam sebuah usaha pasti terdapat sebuah tim yang menjalankannya. Satu tim pada umumnya terbagi menjadi 3 bagian dengan tugasnya masing-masing, yaitu; bagian pemasaran, keuangan, dan pemrosesan. Setiap divisi atau bagian tidak bisa berdiri sendiri dan harus mengandalkan divisi lainnya agar usaha sukses. Sebagai contoh; pemasaran mencakup kegiatan penjualan dan promosi. Melalui promosi dan penjualan, bagian keuangan dapat memperkirakan jumlah produksi berikutnya dan merencanakan keuangan usaha ke depan. Kemudian menjadi tugas bagian pemrosesan untuk meproduksi sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.
Berikutnya, akan dijelaskan mengenai peraturan-peraturan di bidang pangan. Silahkan dibaca :)
Komentar
Posting Komentar